Yuk, Kita Mengenal St. Mikael, St. Gabriel, St. Rafael, Para Malaikat Agung

#malaikat, #know, #mikael, #gabriel, #rafael, #pesta,
29 September 2020
Yuk, Kita Mengenal St. Mikael, St. Gabriel, St. Rafael, Para Malaikat Agung

Sobat YOUCAT tau gak sih apa itu malaikat? Kata malaikat sering kita jumpai dalam Alkitab. Malaikat itu sendiri dikatakan sebagai ciptaan rohani yang berarti “Utusan Tuhan” atau “Pesuruh Tuhan”. Malaikat bisa juga dikatakan sebagai asisten Allah. Nah, dalam Gereja Katolik kita bisa menemukan kisah-kisah malaikat dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru lho, Sobat YOUCAT, diantaranya: malaikat yang mewartakan kelahiran Yesus, malaikat pembisik Yusuf, malaikat yang menemui Yesus di Taman Getsemani dan malaikat yang muncul di makam ketika Yesus bangkit. Juga dalam Kitab Kejadian, Kitab Daniel, dan Kitab Tobit.

Hari ini, kita merayakan Pesta Para Malaikat Agung nih Sobat YOUCAT! Nah, siapa saja sih ketiga Malaikat Agung itu?

29SeptMichael

Malaikat Agung Mikael

Nama Malaikat Agung Mikael berarti “Siapakah yang seperti Tuhan?”

Penglihatan dalam Kitab Daniel menceritakan Malaikat Agung Mikael digambarkan sebagai seseorang yang membantu Israel melawan para musuhnya (bdk. Daniel 12:1). Sedangkan dalam Kitab Wahyu, Malaikat Agung Mikael menjadi pemimpin pasukan malaikat saat mengalahkan kekuatan para iblis yang dipimpin oleh Lucifer (bdk. Wahyu 12:7-9). Selain itu, ia juga disebutkan dalam suatu perselisihan dengan iblis mengenai mayat Musa. Mikhael tidak berani menghardik iblis, namun ia mengatakan ‘kiranya Tuhan menghardik engkau! (bdk. Yudas 1:9). Oleh karena itu, Malaikat Agung Mikael memiliki peran penting dalam membela kita melawan setan dan kuasa-kuasa jahat.

Paus Leo XIII bahkan menyusun sebuah doa untuk Malaikat Agung Mikael lho, Sobat Youcat, judulnya “Doa kepada Malaikat Agung St. Mikael”:

“Malaikat Agung St. Mikael, belalah kami dalam peperangan. Jadilah pelindung kami dalam melawan segala kejahatan dan jebakan setan. Kami mohon dengan rendah hati agar Allah menaklukannya, dan engkau, o panglima belatentara surgawi, dengan kuasa ilahi, usirlah ke neraka setan dan semua roh jahat yang berkeliaran di seluruh dunia yang hendak menghancurkan jiwa-jiwa. Amin”.

Sesuai kisahnya, maka tugas Malaikat Agung Mikael adalah pemimpin para malaikat yang setia kepada Allah.

Nah, Sobat YOUCAT, kita dapat memohon bantuan kepada St. Mikael agar kita diberikan keteguhan dalam iman dan berani mewartakan iman kita.

29SeptGabriel

Malaikat Agung Gabriel

Nama Malaikat Agung Gabriel berarti “Kekuatan Allah”.

Pasti Sobat YOUCAT sudah tidak asing lagi nih dengan nama malaikat agung yang sangat populer ini. Yapp.. benar sekali, Malaikat Agung Gabriel adalah malaikat yang datang kepada Bunda Maria untuk memberitahukan bahwa Bunda Maria akan melahirkan dan membesarkan Yesus, Sang Mesias (bdk. Lukas 1:26-38). Dalam kisah itu, kita selalu ingat bahwa Malaikat Agung Gabriel menyampaikan salam kepada Bunda Maria.

Kemunculan Malaikat Agung Gabriel juga dapat kita saksikan ketika Zakharia menerima warta akan lahirnya St. Yohanes Pembaptis dari istri Zakharia, Elisabeth yang sudah dikatakan mandul (bdk. Lukas 1:5-25).

Dari kisah-kisah tersebut, sudah jelas bahwa peran Malaikat Agung Gabriel adalah pewarta kabar, utusan Tuhan untuk membawa kabar sukacita.

Nah, kepada Malaikat Agung Gabriel, kita dapat memohon bantuan agar diberikan untuk menjadi pembawa warta sukacita Allah seperti Malaikat Agung Gabriel.

29SeptRaphael

Malaikat Agung Rafael

Nama Malaikat Agung Rafael berarti “Kesembuhan dari Allah”.

Kisah Malaikat Agung Rafael dapat ditemukan dalam Kitab Tobit, khususnya di dalam Kitab Tobit 3:17, Kitab Tobit 5:1-23, Kitab Tobit 11:1-19, maupun Kitab Tobit 12:1-22, di mana Malaikat Agung Rafael menjadi teman perjalanan bagi Tobia, anak dari Tobit, dalam upaya mencari obat untuk menyembuhkan ayahnya, Tobit (bdk. Tobit 5:1:23). Selain itu, ia melepaskan Tobias dari pengaruh setan Asmodeus (bdk. Tobit 3:17). Malaikat Agung Rafael juga menjadi penyembuh kebutaan Tobit. Malaikat berperan dalam penyembuhan mata Tobit yang buta (bdk. Tobit 11:1-19).

Selain itu, juga dipercaya sebagai malaikat yang turun ke dalam kolam Bethesda dan membuat air di kolam Bethesda tersebut bergolak hebat sehingga barangsiapa yang mampu turun ke dalam kolam tersebut saat kolam bergolak, maka akan sembuh dari semua penyakit.

Dari kisah-kisah itu, itu Malaikat Agung Rafael dikatakan sebagai malaikat penunjuk jalan dan penyembuh.

Nah, kepada Malaikat Agung Rafael kita dapat mohon bantuannya untuk melindungi kita dalam perjalanan, termasuk perjalanan yang paling dekat sekalipun, misalnya menyeberang jalan, membeli sesuatu di warung, atau ke sekolah. Selain itu, kepada Malaikat Agung Rafael, kita pun dapat memohon pertolongannya ketika kita atau orang yang kita kasihi, atau siapa saja menderita penyakit.

Malaikat Agung dan Perannya.

Peran besar Malaikat Agung sebagai utusan Tuhan sangat dekat dengan kita. Sebagai utusan Tuhan, malaikat menjaga kita dalam beriman kepada Kristus agar tidak terpisah dari keselamatan yang datangnya hanya dari Allah melalui Tuhan kita Yesus Kristus. Kita patut bersyukur nih Sobat YOUCAT, karena kita tidak berjuang sendiri tetapi Allah senantiasa menyertai dan melindungi kita melalui para malaikat-Nya.

Dalam Konsili Roma pada tahun 745 di bawah pemerintahan Paus Santo Zakharia ( Pope Saint Zachary), Gereja Katolik secara resmi hanya mengakui nama tiga dari tujuh Malaikat: St. Michael, St. Gabriel, dan St. Raphael. Alasan Gereja Katolik mengakui hanya tiga Malaikat Agung adalah karena ketiga Malaikat yang disebutkan dalam Kitab Suci. Tiga malaikat tersebut secara resmi diakui sebagai nama malaikat dalam doktrin Gereja Katolik. Empat lainnya diakui sebagai kelompok kerubim atau makhluk surga yaitu St. Uriel, St. Yehudiel, St. Barachiel, St. Sealtiel.