Youcat Daily: Mengapa Allah Menciptakan Dunia?

#Youcatdaily, #Penciptaan, #Kasih, #BerimanBukanRecehan, #Youcat,
19 September 2019
Youcat Daily: Mengapa Allah Menciptakan Dunia?

Youcat 48

Mengapa Allah menciptakan dunia?

“Dunia diciptakan demi kemuliaan Allah” (Konsili Vatikan I). [293,319]

Tidak ada alasan lain bagi penciptaan selain kasih. Di dalam penciptaan, kemuliaan Allah tampak. Memuji Allah bukan berarti memberikan tepuk tangan. Manusia bukan hanya penonton bagi karya penciptaan. Baginya, “memuji” Allah berarti bersyukur atas keberadaannya sendiri bersama-sama dengan seluruh ciptaan.


Deus caritas est (Allah adalah kasih)

Allah Bapa menciptakan kita, anak-anak-Nya, dari kasih dan terus merawat kita dalam kasih: pertemuan kasih kedua orang tua kita yang melahirkan dan merawat kita, teman-teman dan sahabat-sahabat kita yang mengasihi kita dengan caranya masing-masing, para guru yang menunjukkan kasihnya ketika mengajari kita di sekolah, dan begitu banyak kasih lainnya dari orang-orang di sekitar kita.

Itulah kasih Allah yang patut kita syukuri yang melahirkan dan merawat kita.

Dan sama halnya seperti orang tua yang senang melihat anaknya sukses, Allah Bapa juga senang bila melihat kita dewasa dalam kasih.

Tandanya?

Kita menjadi pribadi yang semakin baik, mudah bersyukur, mampu mengasihi orang tua kita, teman-teman kita, dan siapa pun di sekitar kita. Menjadi semakin sabar, semakin peka dan perhatian, tulus ikhlas, dan lain sebagainya. Hingga akhirnya, kita pun siap membagi kasih kita sebagai orang tua, dalam pekerjaan kita, dan dalam pelayanan kita di masyarakat.

Itulah caranya kita “memuliakan” Allah, mensyukuri kasih Allah yang sudah kita terima, dan berkembang dalam kasih seperti Allah Bapa pun penuh dengan kasih.

Yuk Direfleksikan

Bagaimanakah caraku “memuliakan” Allah selama ini? Apakah aku sudah cukup sadar dan bersyukur akan kasih Allah kepadaku selama ini? Apakah aku sudah termasuk pribadi yang mudah bersyukur?

Lihatlah sekelilingku, dari mana sajakah aku merasakan kasih Allah selama ini? Apakah aku sudah mampu mengasihi mereka juga? Ataukah aku masih cuek-cuek saja?

Apa yang bisa aku lakukan untuk semakin mengembangkan kasih dalam hidupku? Perbuatan baik apa saja yang bisa aku lakukan bagi orang-orang di sekitarku?

Yuk Dibaca

Docat 4, 5, 16