Youcat Daily: Bolehkah Kita Mengejar Keuntungan?

#Youcatdaily, #Docat, #ASG, #Bisnis, #Ekonomi, #Hak asasi, #BerimanBukanRecehan,
22 September 2019
Youcat Daily: Bolehkah Kita Mengejar Keuntungan?

Docat 176

Bolehkah kita mengejar keuntungan?

Ya, keuntungan merupakan tanda kesuksesan sebuah perusahaan, tapi belum tentu membuktikan bahwa perusahaan sudah melayani masyarakat. Agar bisnis tetap berjalan dengan baik, pencarian keuntungan harus diimbangi dengan perlindungan harkat martabat seseorang. Keuntungan yang didapat dari penyalahgunaan atau pelanggaran dalam keadilan sosial dan hak-hak buruh adalah suatu ketidakadilan.


Halo sobat Youcat.

Ya, kita tidak boleh hanya mikir soal untung dan untung tapi kita malah merugikan orang lain. Kita malah seharusnya terus belajar untuk melihat keuntungan yang kita peroleh dari usaha ataupun pekerjaan kita sebagai sarana untuk membantu orang lain.

Sebagai orang Katolik yang juga bekerja dan memiliki usaha, “hidup miskin” bagi kita bukan selalu berarti mengalami kerugian dan menjadi miskin. Akan tetapi, “hidup miskin” kita justru terletak pada keberanian kita untuk berkata cukup, mensyukuri setiap rezeki yang kita dapatkan, dan mau hidup sederhana. Dari rasa syukur inilah, kita nantinya akan memiliki kemampuan untuk memberikan sebagian dari rezeki yang kita dapatkan untuk orang-orang yang lebih membutuhkan.

Sikap ini juga bisa dilatih oleh sobat-sobat Youcat yang masih belajar sejak dari sekarang. Caranya, dengan hidup hemat dan menabung, sambil belajar ikhlas memberi sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan. Dan juga, dalam lingkungan pertemanan, jangan jadi orang yang suka memanfaatkan teman; jangan sampai kita jadi orang yang hobinya “makan teman”.

Sudahkah aku mau membagikan apa yang aku punya untuk orang lain yang lebih membutuhkan?

Yuk Direfleksikan

Apakah dalam hidupku selama ini aku memakai sebagian besar waktuku untuk memikirkan uang ataupun keuntungan yang aku peroleh? Mengapa? Apakah itu membuatku semakin bahagia?

Cobalah lihat dan perhatikan orang-orang yang kesusahan di sekitarku ataupun yang ada di TV atau media sosial! Coba refleksikan, apa yang bisa aku syukuri dari keadaanku saat ini?

Lalu, berangkat dari rasa syukur ini, dari apa yang aku miliki, apa yang bisa aku bagikan bagi orang lain?

Yuk Dibaca

Youcat no 449