Youcat Daily: Apakah tugas Gereja?

#Youcatdaily, #Youcat, #Gereja, #Kerajaan Allah, #BerimanBukanRecehan,
23 September 2019
Youcat Daily: Apakah tugas Gereja?

Youcat 123

Apakah tugas Gereja?

Tugas Gereja adalah menghadirkan Kerajaan Allah, yang telah dimulai oleh Yesus, supaya bertumbuh dan berakar ke segala bangsa. [763-769, 774-776, 780]

Ke mana pun Yesus pergi, surga menyentuh bumi; Kerajaan Allah didirikan, suatu kerajaan damai dan berkeadilan. Gereja melayani Kerajaan Allah ini. Ia tidak berakhir dalam dirinya sendiri. Ia harus membawa apa yang telah dimulai oleh Yesus. Ia harus bertindak sebagaimana Yesus bertindak. Ia melanjutkan tanda-tanda pengudusan dari Yesus (Sakramen-Sakramen). Ia membawa sabda Yesus. Itulah sebabnya Gereja, terlepas dari kelemahannya, selalu disegani di bumi dan di surga.


Halo sobat Youcat..

Apakah sobat Youcat rajin ikut perayaan Ekaristi dan ibadat-ibadat lainnya? Oh, sudah tentu dan memang sudah jadi kewajiban kita untuk melakukannya. Sebagian dari kita mungkin malah pernah merasakan rasa damai ketika berada di dalam Gereja, adem kayak di surga katanya.

Nah, tapi pernahkah kita memikirkan makna tersirat ini, bahwa Gereja yang adem kayak surga itu masih menyentuh bumi? Artinya? Artinya kita sebagai bagian dari Gereja perlu “membumikan” rasa adem kayak surga yang kita rasakan di dalam Gereja itu dalam hidup keseharian dan pekerjaan kita.

Misalnya, dari besarnya kasih Allah yang kita rasakan dalam Ekaristi, kita perlu membumikannya dengan kesediaan kita membagikan diri kita, bakat kita, bahkan apa yang kita miliki agar menjadi berkat bagi orang lain, seperti Yesus yang membagikan Tubuh dan Darah-Nya bagi kita semua dalam Ekaristi.

Atau mungkin, dari Sakramen Pengakuan Dosa, kita merasakan pengampunan dari Allah yang luar biasa, maka kita menyebarkan semangat keterbukaan, kejujuran, kerendahan hati untuk meminta maaf, dan keikhlasan untuk memaafkan dalam lingkungan pergaulan kita sebagai wujud syukur kita akan pengampunan dari Allah tadi.

Dan masih banyak lagi semangat-semangat dalam Sakramen-Sakramen dan di dalam ibadat-ibadat di Gereja yang dapat kita bumikan dalam hidup keseharian kita.

Dengan beginilah, kita sebagai Gereja mampu ikut mewujudkan Kerajaan Allah dalam hidup harian kita sehingga bumi kita pun bisa ikut merasa adem kayak di surga seperti yang kita rasakan di dalam Gereja. Seperti yang selalu kita doakan dalam doa Bapa Kami setiap hari: “Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. . .” Dan melalui kita-kita inilah Allah mewujudkannya.

Yuk Direfleksikan

Seberapa seringkah aku mengikuti perayaan Ekaristi, adorasi, atau pun ibadat-ibadat lainnya? Bagaimanakah pengalaman rohaniku yang paling mendalam yang pernah aku rasakan ketika aku mengikutinya?

Dari pengalaman tadi, kira-kira, bagaimanakah caranya agar aku bisa membagikannya lewat tindakan nyata dalam hidup keseharian dan pekerjaanku?

Lalu, lakukanlah, agar bumi ikut jadi adem kayak di surga.