Social Distancing: Jauh di Mata, Dekat di Doa

#BerimanBukanRecehan, #Artikel, #Doa, #Covid-19, #Youcat,
02 April 2020
Social Distancing: Jauh di Mata, Dekat di Doa

Halo Sobat YOUCAT! Bagaimana kabarnya? Apakah Sobat YOUCAT masih melakukan social distancing dan lebih banyak berada di dalam rumah? Bosan rebahan di rumah terus? Kangen karena tidak bisa Misa bareng teman-teman di Gereja dan tidak bisa menerima Komuni secara langsung? Takut kesatuan dan kekompakan sobat-sobat sekalian dan bahkan umat-umat di gereja kalian memudar karena tidak dapat lagi berkumpul bersama?

Yuk kita mulai merapat satu sama lain dalam doa dan dalam Yesus sendiri!

Doa Mendekatkanku dengan Allah dan Sesama

Sobat YOUCAT merindukan seseorang? Ketika kita merindukan seseorang, itu artinya kita sebenarnya mengasihi orang tersebut. Apa ya yang bisa kita lakukan untuk orang yang kita rindukan di saat-saat kita tidak boleh keluar rumah seperti ini? Video call? Masih kurang?

Yuk kita doakan orang yang kita rindukan!

Kita mungkin pernah mengira bahwa doa kita tidak akan banyak memberikan pengaruh. “Kan doa cuma kata-kata?”. Akan tetapi, doa sebenarnya memiliki kekuatan yang luar biasa. Contohnya seperti yang dituliskan oleh St. Yakobus dalam suratnya:

“Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah sungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujan pun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan. Lalu ia berdoa pula dan langit menurunkan hujan dan bumi pun mengeluarkan buahnya.”

  • Yakobus 5:16-18

Mengapa doa begitu luar biasa? Karena dengan berdoa kita masuk dalam hubungan yang hidup dengan Allah (YOUCAT 469). Kita jadi semakin akrab dan semakin yakin bahwa Allah selalu menemani kita. Kita sadar bahwa semakin kita membuka diri kepada Allah dalam doa, semakin kita akan menemukan kelegaan dan batuan dari Allah sendiri. Kita sadar, bahwa ada kekuatan yang jauh luar biasa dari diri kita, bahwa ada kuasa yang bisa menenangkan diri kita, dan itu adalah Allah. Dengan doa itu pula, kita perlahan diubah menjadi pribadi yang semakin terbuka (coba baca YOUCAT 486).

Nah, ketika kita berdoa bagi orang-orang yang kita sayangi, kita tidak lagi hanya menyayangi mereka dengan kekuatan kita sendiri, namun kita mempercayakan mereka ke dalam kuasa dan cinta Allah yang jauh lebih luar biasa dari kita untuk Allah jaga. Tidak ada pemberian yang lebih indah daripada kita yang dengan penuh cinta dan iman mendoakan orang-orang yang kita sayangi di hadapan Allah. Dan tanpa disadari, diri kita, orang yang kita sayangi, dan Allah sendiri ditarik kedalam hubungan yang semakin erat dan penuh kasih berkat kekuatan doa.

Buku YOUCAT menuliskan tentang mendoakan orang lain dengan sangat indah: “Semakin seseorang belajar berdoa, semakin menyadari babhwa ia memiliki ikatan dengan keluarga rohani saat kekuatan doa menjadi berdaya guna. Dengan segala perhatian saya untuk orang-orang yang saya cintai, saya berdiri di tengah keluarga umat manusia dan menerima kekuatan dari doa orang lain dan dapat memohon bantuan Ilahi untuk orang lain” (YOUCAT 487).

Yuk Doakan Teman-Teman dan Gereja Kita!

Jadi Sobat YOUCAT, kalau kalian sedang rindu, khawatir, atau peduli karena sayangnya kalian terhadap teman-teman, gereja, atau bangsa kita, yuk kita bawa mereka ke dalam doa-doa kita. Sederhana, cukup doakan agar mereka mendapat berkat dan perlindungan dari Tuhan. Sebut nama mereka dalam doa-doamu dengan penuh kasih dan serahkan mereka ke dalam kasih Allah yang bahkan jauh lebih besar dari kasihmu.

Atau, kalau masih bingung, doakanlah doa Bapa Kami bagi mereka. Setiap kata “kami” muncul, ingatlah mereka yang kalian sayangi. Dengan begini kalian dan orang-orang yang kalian sayangi akan semakin dekat setiap kali mengucap “Bapa kami” karena kalian meyakini bahwa kalian dan mereka yang kalian sayangi adalah satu saudara dari satu Allah Bapa yang luar biasa baik. Dan setiap kalian memohonkan perlindungan dari yang jahat, kalian juga memohon agar Allah juga melindungi mereka yang kalian kasihi.

Luar biasa bukan?

Social distancing bukan berarti hubungan kita makin renggang karena nggak bisa kumpul. Bukan gitu ya sobat YOUCAT! Saat-saat seperti ini justru menjadi saat di mana kita bisa belajar untuk saling mengasihi dan menjadi semakin dekat dengan Allah dan sesama melalui kekuatan doa.

Social distancing? Jauh di mata, dekat dalam doa!

Yuk Dibaca YOUCAT 469, 484, 486, 487