Siapa sih, Malaikat Pelindung itu?

#Know, #malaikat, #berimanbukanrecehan, #doa,
02 October 2020
Siapa sih, Malaikat Pelindung itu?

Hari ini Gereja Katolik merayakan Para Malaikat Pelindung lho sobat YOUCAT. Malaikat Pelindung ini sudah disuarakan Tuhan Allah sejak Perjanjian Lama. Biasanya kita mulai mengenal malaikat pelindung ketika kita dibaptis. Nah, siapa nih nama malaikat pelindung kalian sobat YOUCAT?

Sobat YOUCAT tau gak sih, siapa itu malaikat pelindung? Dalam Gereja Katolik, kita mempercayai bahwa Tuhan Allah memberikan malaikat pelindung kepada setiap orang beriman.

Dalam Perjanjian Lama Tuhan mengutus malaikat-Nya untuk melindungi bangsa Yahudi: “Sesungghnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan … “(bdk. Kel 23:22). Kitab (Maz 91:10-12) juga mengatakan: “Malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu; sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu. Mareka akan menatang engkau di atas tangannya, supaya kakimu jangan terantuk kepada batu.”

Dalam Perjanjian Baru, tepatnya pada Injil (Mat 18:10) Tuhan Yesus bersabda bahwa anak-anak dilindungi oleh malaikat pelindung: “Ingatlah, janganlah menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini, Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.”

Sebenarnya, apa sih tugas Malaikat pelindung itu?

Tugas malaikat pelindung adalah untuk melindungi, membimbing kita kepada pemikiran, perbuatan dan perkataan yang baik serta mempersembahkan doa, karya-karya kita kepada Allah. Gimana sih cara kerja malaikat pelindung terhadap diri kita, pasti sobat YOUCAT penasaran kan?

Malaikat pelindung berbicara dalam hati nurani kita agar kita melaksanakan kehendak Tuhan. Namun, terkadang si iblis membuat kita bimbang dan menghasut kita untuk berlaku sebaliknya, sehingga kita jatuh kedalam dosa. Santo Hieronimus dan Basilius berkata bahwa dosa menjauhkan manusia dari malaikat pelindung.

Malaikat pelindung itu bisa dikatakan sahabat kita lho sobat YOUCAT. Jadi, yang namanya sahabat kita harus memiliki hubungan baik dan lebih peka terhadap bisikan malaikat pelindung, sehingga kita tidak jatuh kedalam dosa.

Gimana sih cara kita membina hubungan baik dengan malaikat pelindung, sobat YOUCAT tau gak nih? Caranya, dengan berdoa memohon perlindungan serta penyertaannya. Ada doa khusus lho untuk para malaikat pelindung kita, yaitu:

“Doa Kepada Malaikat Pelindung” Malaikatku yang baik, engkau datang dari surga; Tuhan telah mengutusmu untuk menjagaku. Oh, lindungilah aku di bawah kepak sayapmu. Terangilah jalanku dan bimbinglah langkahku. Jangan tinggalkan aku, melainkan tinggallah di dekatku; belalah aku dari roh-roh jahat. Tetapi di atas semua itu, datanglah menolongku di saat akhir hidupku. Bebaskanlah jiwaku, sehingga bersamamu jiwaku boleh memuji, mencinta dan menyaksikan kemurahan Tuhan untuk selama-lamanya. Amin

Kita patut bersyukur lho, sobat YOUCAT.. karena Tuhan selalu menyertai kita. Tuhan menginginkan kita semua dapat sampai kepada-Nya. Penyertaan malaikat pelindung adalah salah satu cara Tuhan agar kita dapat bersama-sama di surga-Nya kelak. Untuk menghormati para malaikat, maka Pesta Malaikat Pelindung dirayakan pada tanggal 2 Oktober.