#Share: Pengalaman Sobat YOUCAT Mengalami Metode Know, Share, Meet, Express

#berimanbukanrecehan, #knowsharemeetexpress, #share,
04 July 2020
#Share: Pengalaman Sobat YOUCAT Mengalami Metode Know, Share, Meet, Express

Halo Sobat YOUCAT! Penasaran bagaimana rasanya belajar tentang iman menggunakan metode Know, Share, Meet, Express? Kali ini sudah ada 3 kawan kita yang akan berbagi pengalamannya belajar iman menggunakan metode Know, Share, Meet, Express di dalam Study Group YOUCAT. Yuk kita simak sharing mereka!

Anastasia Indah Pratiwi (Anastasia) @anastasiaanst_ OMK Keuskupan Agung Semarang

Anastasia

Know, Share, Meet, Express itu metode pendalaman iman yang menarik dan mudah dipahami oleh orang muda. Dari Know-nya, saya bisa menambah wawasan pengetahuan tentang Kekristenan dan Gereja yang belum banyak saya ketahui. Setelah dijelaskan, ternyata iman kita itu kaya dan mendalam banget lho!

Lalu ada Sharing juga yang memperkaya pengalaman dan pengetahuan iman satu sama lain. Jadi makin akrab juga dengan teman-teman yang lain. Makin dekat juga dengan Yesus dalam Meet.

Tapi, Challenge dalam Express kadang membuat saya kadang jadi gregetan karena sulit untuk dilakukan, hehe. Akan tetapi setelah melakukannya dan ternyata bisa, apalagi ditambah sharing dari teman-teman, ternyata ada pelajaran berharga yang bisa dipetik juga ya.

Semua proses Know, Share, Meet, Express itu membuat pendalaman iman jadi lebih menarik dan mudah dipahami buat orang muda.

Risbayanti (Riris) @riris.risbayanti OMK Keuskupan Timika

Riris

Dengan metode Know, Share, Meet, Express di dalam Study Group YOUCAT, saya dapat belajar iman dengan lebih terbuka dan enjoy. Materi-materi yang diberikan dalam Know pas banget dengan kehidupan sehari-hari dan selalu ada refleksinya yang bisa saya terapkan dalam hidup saya.

Salah satu hal yang membuat saya senang dengan Know, Share, Meet, Express adalah bisa saling sharing tentang iman dengan teman-teman dalam Share. Awalnya saya sempat minder dan malu-malu untuk berbagi. Namun ketika melihat teman-teman yang saling membangun baik di dalam maupun di luar pertemuan, saya menjadi semakin terbuka untuk ikut sharing. Bagi saya, teman-teman yang saya temukan dalam Study Group YOUCAT ini adalah hal yang sangat berharga karena sulit untuk menemukan teman-teman yang bisa diajak untuk sharing tentang iman di luar sana.

Selain itu, berdoa bersama di hadapan Tuhan Yesus saat Meet menjadi saat yang paling berkesan bagi saya. Saya merasa, dengan merenungkan materi yang sudah didapat dan mengekspresikannya dalam doa di hadapan Tuhan Yesus membuat materi yang saya terima terasa sungguh-sungguh meresap di dalam hati saya. Saya juga sangat merasakan kedekatan dengan Tuhan Yesus ketika berdoa bersama di dalam Meet.

Tahap Express bagi saya adalah tahap yang sulit namun seru untuk dijalankan. Bagi saya, Express adalah kesempatan untuk membangun diri saya karena saya lihat ragam challenge di dalam Express sebenarnya merupakan tantangan-tantangan dalam kehidupan sehari-hari yang pasti akan saya temui. Dari Express saya belajar untuk tidak menghindar dari masalah dan belajar untuk tetap mengasihi meskipun niat-niat baik saya tidak diterima dengan baik.

Dari metode Know, Share, Meet, Express saya dapat belajar ilmu baru, dapat mendengarkan sharing yang membangun dari orang lain, serta mendapat semangat untuk berbagi ilmu dan kasih kepada orang lain.

Mustika Ayu Lestari (Mustika) @tkey.pooh OMK Keuskupan Malang

Mustika

Bagi saya, Know, Share, Meet, Express dalam Study Group YOUCAT mampu memberikan pengalaman yang unik dengan berbagai tantangan dan sharing-nya. Metode ini mampu membuka wawasan dan pandangan saya bahwa ternyata iman kita itu dapat diwujudkan dengan berbagai cara dan dengan keunikan kita masing-masing.

Dimulai dari materi, dari Know, bahan-bahan yang dipilih bagus dan biblis. Penjelasan dari materinya juga disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami.

Lalu kemudian masuk Share yang menurut saya bagian yang paling rame. Awalnya tidak mudah bagi saya karena masih merasa malu-malu namun semakin ke belakang malah terasa makin seru karena makin banyak yang berani untuk sharing. Dari sharing teman-teman yang beragam banget, saya mendapat pelajaran berharga bahwa kita tidak selalu memiliki pengalaman yang sama dan dengan sharing ini kita bisa tahu pengalaman iman yang lain dan saling memperkaya.

Setelah Share yang rame, lanjut Meet yang teduh. Di sini terasa banget sebagai waktu-waktu buat pengendapan. Saya jadi ada waktu untuk merenung, berefleksi, lalu berdoa di hadapan Tuhan Yesus. Jadinya masuk banget dari apa yang saya pelajari tadi, lalu saya doakan di hadapan Tuhan, dan hal itu jadi curhatku ke Tuhan.

Lalu di akhir ada Express dengan challenge yang menantang. Bagi saya Challenge di Know, Share, Meet, Express ini beda dari yang lain. Kalau pendalaman iman yang biasa saya ikuti di Gereja, tantangannya tidak pernah dibahas lagi di pertemuan berikutnya tapi di Study Group YOUCAT setiap challenge-nya di-sharingkan dan diulas. Saya kaget karena ini merupakan hal baru bagi saya. Tapi dari sharing dan pembahasan challenge yang dilakukan, wawasan dan pandangan saya dibuka bahwa ternyata pengalaman iman tiap orang unik dan unik pula cara mereka mengekspresikan iman mereka dalam tindakan-tindakan mereka. Dari sharing pengalaman menjalani Express saya juga merasa pengalaman dan perjuangan saya untuk mengekspresikan iman saya diperhatikan baik itu oleh fasilitator maupun teman-teman yang lain. Pengalaman challenge inilah yang paling unik yang tidak pernah saya temukan di tempat lain.

Akhir kata, Metode Know, Share, Meet, Express ini recommended banget buat diikuti dan dipraktikkan oleh orang-orang muda.


Mau ikut merasakan serunya belajar iman dengan metode Know, Share, Meet, Express lewat Study Group? Yuk pantau terus instagram @youcatid untuk informasi Study Group berikutnya!