Santa Perawan Maria dari Montserrat, Harta yang Tersembunyi

#berimanbukanrecehan, #maria, #mukjizat, #wajahmaria,
30 May 2020
Santa Perawan Maria dari Montserrat, Harta yang Tersembunyi

Halo Sobat YOUCAT! Kali ini kita akan mengenal suatu kisah mukjizat Bunda Maria yang terjadi Montserrat, salah satu pegunungan di Spanyol. Dari pegunungan itu tersembunyi sebuah harta yang selama bertahun-tahun hilang, Patung Santa Perawan Maria dari Montserrat, yang melaluinya banyak mukjizat terjadi. Yuk kita simak kisahnya!

Pada abad ke-9 sekelompok anak gembala mendengar suara madah surgawi dan melihat berkas sinar terpancar dari arah gunung. Karena tidak tahu harus berbuat apa, mereka memanggil seorang pastor yang lalu memanggil uskup. Mereka memeriksa gunung itu dengan saksama dan menemukan sebuah gua yang di dalamnya terdapat patung kayu Santa Perawan Maria sedang menggendong bayi Yesus dengan satu tangan dan memegang sebuah bola dengan tangannya yang lain. Ternyata itu adalah sebuah patung ukir kuno yang telah hilang dua ratus tahun lamanya.

Ketika orang-orang mencoba menggotong patung itu ke katedral, terjadi hal aneh. Meski tinggi patung itu hanya satu meter, mereka tidak kuat membawanya. Patung itu menjadi amat berat. Uskup pun menduga Santa Maria ingin dihormati di dalam kapel sederhana di sebuah pertapaan di sekitar tempat itu. Kapel sederhana ini kemudian dibangun menjadi sebuah gereja yang terletak di jalan dekat tempat patung itu pertama kali ditemukan. Diperkirakan patung itu memiliki nama asli La Jerosolimitana yang berarti “penduduk asli Yerusalem”, yang dibawa dari Tanah Suci ke Barcelona dan di sembunyikan di Pegunungan Montserrat untuk menghindari serangan Saracen pada abad ke-8. Gua tersembunyi itu dianggap sebagai tempat yang paling aman untuknya.

Patung Santa Perawan Maria dari Montserrat yang juga disebut La Morenata (Bunda Maria Hitam Kecil) ini sampai sekarang masih dihormati sebagai pelindung Catalunya (Catalonia) dan perkawinan. Banyak orang memohon bimbingan dan doa Santa Maria dari Montserrat untuk hidup perkawinannya.

Montserrat kini menjadi tempat ziarah yang terkenal dan banyak orang memperoleh inspirasi dan peneguhan akan panggilannya berkat doa Perawan Terberkati dari Montserrat. Seorang pertapa Montserrat misalnya, menjadi salah satu misionaris pertama di Benua Amerika setelah mendampingi Christopher Colombus dalam pelayarannya. Ada pula seorang biarawan montserrat yang menjadi paus yaitu Paus Julius II. Santo Ignatius dari Loyola pun meninggalkan kegiatannya sebagai seorang prajurit dan mendirikan Serikat Yesus setelah berdoa semalaman di hadapan patung Santa Perawan Maria dari Montserrat.

Montserrat menjadi saksi bahwa Yesus dan bundaNya, Perawan Maria, tidak pernah meninggalkan kita meski mereka nampaknya tidak ada. Sang Bunda Allah pun tak pernah berhenti mendoakan kita dan membimbing kita untuk berjalan di jalan Kristus, Puteranya seperti yang telah dilakukannya kepada orang-orang yang berziarah ke Montserrat dan menerima mukjizat dan bimbingan. Marilah kita menyandarkan diri kepada Santa Maria dan Puteranya, dan ingatlah bahwa Bunda Maria selalu mendoakan kita dan Kristus selalu berserta kita. Santa Maria, doakanlah kami. Amin

…apabila kita bersikap rendah hati, tersembunyi seperti halnya patung Perawan Maria disembunyikan, kita akan muncul kembali, sebagimana terjadi di Montserrat, dengan penuh kemuliaan. Renungan Perawan Maria dari Montserrat

Sumber: Bridget Curran, Mukjizat-Mukjizat Bunda Maria: Kisah-Kisah Penampakan & Mukjizat Bunda Maria di Seluruh Dunia