#Roadto5thYOUCATIndonesia: Dukungan Komkep KWI untuk YOUCAT Indonesia

#berimanbukanrecehan, #RoadTo5ThYOUCATIndonesia, #YOUCAT, #youcatid,
28 July 2020
#Roadto5thYOUCATIndonesia: Dukungan Komkep KWI untuk YOUCAT Indonesia

Halo Sobat YOUCAT!

Di tulisan sebelumnya kita sudah tahu nih bagaimana dukungan dari Keuskupan Surabaya untuk YOUCAT Indonesia. Ternyata, tidak hanya Keuskupan Surabaya saja lho yang mendukung YOUCAT Indonesia! Ada Komisi Kepemudaan Konferensi Waligereja Indonesia (Komkep KWI) yang juga ikut mendukung kehadiran YOUCAT Indonesia. Seperti apa sih peran dan bentuk dukungan Komkep KWI bagi YOUCAT Indonesia? Yuk kita ikuti bersama kisahnya!

Memberikan Koneksi dan Perutusan

Kak Nadia awalnya tidak langsung tahu tentang YOUDEPRO lho. Terus tahunya darimana? Kak Nadia tahu info mengenai seleksi YOUDEPRO dari temannya yang juga anggota Komkep KWI, Kak Gerard. Kak Gerard juga menjelaskan impian Komkep KWI untuk mengembangkan katekese untuk anak muda dengan cara mengirim orang-orang muda mengikuti YOUDEPRO. Melalui informasi dari Kak Gerard inilah Kak Nadia bisa ikut seleksi YOUDEPRO hingga akhirnya lolos. Karena akhirnya Kak Nadia lolos, Kak Nadia pun diberi sebuah perutusan dari Komkep KWI yaitu mengembangkan YOUCAT Indonesia setelah kembali dari Jerman.

Mendukung Berdirinya YOUCAT Indonesia

Sebelum berangkat ke Jerman, Nadia juga bertemu dengan RD. Antonius Haryanto (Sekretaris Eksekutif Komkep KWI) untuk menyampaikan rencana keikutsertaannya dalam YOUDEPRO yang diselenggarakan oleh YOUCAT Foundation. Sepulang dari Jerman, Nadia pun kembali untuk menyampaikan proses partisipasinya di YOUDEPRO selama 3 (tiga) bulan. Kali ini, Nadia tidak hanya bertemu dengan RD. Antonius Haryanto saja, tetapi juga bertemu dengan almarhum Mgr. John Philip Saklil (Ketua Komkep KWI waktu itu). Dalam kesempatan istimewa itu, Nadia dengan ditemani Gerard Martin Danasaputra Thema, Julius Yustian Surjadi, dan Willem L. Turpijn memaparkan rencana pengembangan YOUCAT Indonesia sebagai tindak lanjut dari partisipasi Nadia dalam YOUDEPRO. Puji Tuhan! Mgr. Saklil, Ketua Komkep KWI waktu itu pun sangat senang dan mendukung adanya YOUCAT Indonesia karena beliau melihat keberadaan YOUCAT Indonesia akan mampu mendukung pengembangan katekese anak muda.

Dukungan Komkep KWI tidak berhenti sampai di situ saja, RD. Antonius Haryanto pun ikut menemani Kak Nadia ketika mempresentasikan rencana merintis YOUCAT Indonesia di hadapan Uskup Surabaya, Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono. Ketika YOUCAT Indonesia mulai dirintis pada 8 September 2015, RD. Antonius Haryanto pun didapuk sebagai salah satu penasihat pertama YOUCAT Indonesia. Bahkan, RD. Antonius Haryanto pun ikut hadir lho ketika Rapat Kerja pertama YOUCAT Indonesia pada 2016 di Wisma Kartini, Pacet, Mojokerto. Dengan demikian terlihat sekali peran besar Komkep KWI di awal berdirinya YOUCAT Indonesia, Sobat YOUCAT.

Launching DOCAT di IYD Manado 2016

Tak hanya terlibat dalam diskusi, presentasi, rapat kerja, dan kepengurusan semata, Komkep KWI juga memfasilitasi hadirnya YOUCAT Indonesia pada momen Indonesian Youth Day di Manado pada 2016 lho, Sobat YOUCAT! Lebih dari itu, Komkep KWI juga memfasilitasi peluncuran buku DOCAT edisi Bahasa Indonesia di hadapan 3000 orang muda peserta Indonesian Youth Day 2016 tersebut. Bahkan, Mgr. Pius Riana Prapdi selaku Ketua Komkep KWI sendiri yang meluncurkan buku DOCAT edisi Bahasa Indonesia, Sobat YOUCAT! Luar biasa banget kan?! FYI nih, hadirnya buku DOCAT edisi Bahasa Indonesia ini adalah salah satu terjemahan buku DOCAT tercepat yang hadir di Asia lho! Keren kan?!

Nah, Sobat YOUCAT, itu dia bentuk-bentuk dukungan dari Komkep KWI untuk YOUCAT Indonesia. Terima kasih banyak ya Komkep KWI atas segala dukungannya. Semoga YOUCAT Indonesia tetap terus dapat bersinergi dengan Komkep KWI dalam mengembangkan gerakan katekese orang muda untuk seluruh Gereja dalam semangat Evangelisasi Baru.

Dan, buat Sobat YOUCAT sekalian, ikuti terus ya konten-konten spesial #RoadTo5ThYOUCAT agar Sobat YOUCAT semakin tahu tentang YOUCAT Indonesia...