#RoadTo5ThYOUCATIndonesia: Apa Sih Luar Biasanya Kitab Suci?

#berimanbukanrecehan, #RoadTo5ThYOUCATIndonesia, #BIBEL, #youcatid, #review,
06 August 2020
#RoadTo5ThYOUCATIndonesia: Apa Sih Luar Biasanya Kitab Suci?

Halo Sobat YOUCAT

Sobat YOUCAT mana sih yang nggak kenal Kitab Suci? Semua orang Kristen tentu tahu yang namanya Kitab Suci. Kitab Suci sendiri menjadi buku yang paling banyak tersebar di dunia dan diterjemahkan nyaris ke dalam semua bahasa. Memang apa sih yang bikin Kitab Suci ini menjadi buku yang punya pengaruh segitu kuatnya di dunia ini? Yuk kita simak-simak satu per satu alasannya!

Kitab Suci adalah Sastra Dunia

Secara universal, Kitab Suci adalah salah satu warisan sastra paling penting dan paling kaya di muka bumi. Gimana nggak kaya coba, di dalam Kitab Suci terdapat kumpulan kisah dari zaman Bapa-Bapa Bangsa seperti Abraham yang bermula sekitar tahun 1800 SM hingga Kitab Wahyu yang dipercaya ditulis sekitar tahun 95 Masehi. Bayangkan betapa kayanya kisah yang terkumpul! Selain kekayaan kisah, Kitab Suci juga menyimpan kekayaan dalam gaya atau bentuk tulisan. Mengapa? Karena Kitab Suci, ditulis oleh berbagai penulis dari berbagai zaman. Ada kitab-kitab yang berbentuk narasi, ada kitab-kitab yang berbentuk puisi-puisi yang sangat indah seperti Mazmur, Kidung Agung, atau Amsal, bahkan ada kitab yang ditulis seperti undang-undang seperti Kitab Imamat. Keempat Injil yang sama-sama menceritakan Yesus pun memiliki ciri khas gaya bahasa yang unik. Injil Matius yang memiliki struktur penulisan yang canggih yang pelan-pelan menyingkapkan siapa itu Yesus sebenarnya melalui mukjizat dan pengajaran yang diceritakan secara bergantian berbeda dengan Injil Markus yang memiliki kesan to the point dan menggambarkan Yesus yang banyak bekerja dan berkarya bagi keselamatan manusia. Beda lagi dengan Injil Lukas yang memiliki tata bahasa yang sangat halus serta didukung dengan story telling yang luar biasa. Di samping ketiga Injil sinoptik itu, ada pula Injil Yohanes yang kisahnya paling unik dengan cara penyampaian yang sangat reflektif.

Itu dia yang bikin Kitab Suci menjadi kekayaan sastra dunia yang luar biasa!

Kitab Suci adalah Sabda Allah

Dan tentu saja, yang membuat Kitab Suci menjadi buku yang punya pengaruh luar biasa adalah karena Kitab Suci bagi orang Kristen merupakan Sabda Allah. Memang benar, Kitab Suci merupakan kekayaan sastra yang luar biasa. Namun, bagi orang Kristen, Kitab Suci bukan cuma sebatas kata-kata indah yang disusun oleh manusia. Ada Roh Kudus yang bekerja yang membimbing setiap penulisnya untuk menyampaikan maksud Allah dalam bentuk tulisan. Melalui tangan-tangan para penulis di bawah bimbingan Roh Kudus inilah, Sabda Allah yang awalnya tidak dapat kita pahami dapat terwujud dalam tulisan-tulisan yang dapat kita baca hingga saat ini. Itu artinya, Kitab Suci adalah benar-benar berisi wahyu dari Allah.

Nah, karena Kitab Suci adalah tulisan hasil dari bimbingan Roh Kudus, kita pun perlu bimbingan Roh Kudus pula agar mampu memahami maksud dari kisah-kisah di dalam Kitab Suci. Tanpa bimbingan Roh Kudus, Kitab Suci cuma jadi semacam buku novel yang super tebal saja. Jika kita setia membaca Kitab Suci dengan terus memohon bimbingan Roh Kudus, Kitab Suci benar-benar menjadi Sabda Allah yang menghidupkan dan menggerakkan jiwa kita.

Dengan bantuan Allah sendirilah, Kitab Suci mampu menjadi sebuah buku yang punya pengaruh luar biasa bagi dunia, dulu, sekarang, dan di masa yang akan datang.

Ini nih yang bikin Kitab Suci menjadi buku yang luar biasa banget bagi dunia. Kalau bagimu, Kitab Suci itu luar biasa nggak?

Penjelasan ini juga ada lho di buku BIBEL!

Penasaran tapi nggak punya buku BIBEL? Kalian bisa beli di tokopedia YOUCAT Indonesia di Tokopedia YOUCAT Indonesia