#RoadTo5Th YOUCATIndonesia: Yuk Kepoin Kegiatan YOUCAT Indonesia Selama Ini

#youcat, #youcatid, #berimanbukanrecehan, #RoadTo5ThYOUCATIndonesia, #kegiatan, #acara, #program,
01 September 2020
#RoadTo5Th YOUCATIndonesia: Yuk Kepoin Kegiatan YOUCAT Indonesia Selama Ini

Halo Sobat YOUCAT di seantero Indonesia!

Ulang tahun YOUCAT Indonesia tinggal menghitung hari nih! Kira-kira selama 5 tahun ini YOUCAT Indonesia sudah ngapain aja ya?

Yuk ikuti ulasan kegiatan YOUCAT Indonesia selama 5 tahun ini! Siapa tahu kamu tertarik dan pengen ikut kegiatan-kegiatan YOUCAT Indonesia berikutnya!

YES Camp

1September2

Pengen belajar mendalami iman tapi juga udah kebelet ingin mewartakan Kristus hingga ke ujung dunia? YOUCAT Indonesia punya yang namanya Youth on New Evangelization Camp atau YES Camp.

Dari namanya aja kayaknya udah “yes” banget ya? Oh tentu! YES pendalaman imannya. YES belajar praktek pewartaannya. YES pengenalan YOUCATnya. Kalau habis ikut YES Camp ini, kamu pasti bakal jadi pemuda yang YES banget pewartaannya.

Program YES Camp sudah dijalankan oleh YOUCAT Indonesia sebanyak 3 (tiga) kali, yaitu sebanyak 2 (dua) kali di Keuskupan Agung Pontianak, yakni pada 4-6 November 2017 yang diikuti hingga 100 peserta dan pada 13-14 April 2018 yang diikuti 80 peserta. Selain itu pernah pula diselenggarakan YES Camp di Keuskupan Atambua pada 17-19 November 2017 yang diikuti 45 peserta.

Pokoknya YES Camp itu program yang YES banget buat kamu yang punya passion di bidang pewartaan dan yang ingin mengenal YOUCAT dan menggunakannya dalam pewartaan kepada orang muda!

TFT

1September3

Kalau kamu aktif banget di kegiatan OMK dan punya passion buat mendampingi dan menggerakkan orang-orang muda, maka acara ini pas banget buat kamu.

TFT atau Training for Trainers adalah program pelatihan pendampingan orang muda menggunakan YOUCAT bagi para pendamping Rekat dan OMK. Di dalam TFT ini, kamu bakal dilatih cara-cara menggunakan YOUCAT dan Metode Know, Share, Meet, Express dengan kreatif dan menarik. Kreatif dan menarik? Iya! Soalnya kamu bakal dilatih nggak cuma buat menerapkan YOUCAT dalam bentuk pengajaran doang, tapi juga melalui permainan, aktivitas, atau bahkan lagu.

Pasti bakal seru banget ya OMKnya kalau pendalaman imannya bisa lewat permainan, aktivitas, lagu, atau cara-cara kreatif lainnya! Makanya kalau kamu pendamping atau orang muda yang punya passion buat mendampingi dan menggerakkan orang muda lainnya perlu banget ikut acara TFT ini biar OMKmu makin hidup dan seru!

YOUCAT Indonesia sudah 2 (dua) kali mengadakan TFT yaitu pada tahun 2018 yang diikuti 38 peserta dari 9 keuskupan dan 15 paroki di Keuskupan Surabaya, dan tahun 2019 yang diikuti 22 peserta dari 2 keuskupan dan 12 paroki di Keuskupan Surabaya.

Study Group

1September4

Sudah punya buku YOUCAT tapi bingung gimana cara mempelajarinya? Atau malah bosan? Pengen cara belajar iman yang seru dan hidup? Study Group YOUCAT solusinya!

Di dalam Study Group YOUCAT, kamu bakal belajar imanmu menggunakan YOUCAT dengan Metode Know, Share, Meet, Express. Dengan Metode Know, Share, Meet, Express yang khas YOUCAT ini, dijamin pengalamanmu ikut Study Group bakal seru banget. Kamu nggak bakal hanya makin tahu imanmu, tapi kamu juga belajar merefleksikan pengalaman hidupmu, belajar membagikannya, dan belajar juga buat mengekspresikan imanmu secara nyata dalam hidup sehari-hari lewat challenge yang selalu diberikan di tiap pertemuannya. Pastinya hubunganmu dengan Tuhan Yesus juga bakal makin akrab lewat sesi Meet-nya.

Study Group YOUCAT sepanjang tahun 2019 diadakan di kampus-kampus seperti Universitas Airlangga, PGRI Adi Buana, dan ITS. Kalau lagi pandemi kayak gini gimana dong? YOUCAT Indonesia mengadakan Study Group secara online. Dengan Study Group secara online, YOUCAT Indonesia bisa menjangkau lebih banyak pemuda dari lebih banyak daerah di Indonesia lewat pertemuan rutin seminggu sekali. Study Group YOUCAT yang dilakukan secara online ini telah memasuki bulan ketiga dan diikuti hingga 50 orang muda dari berbagai wilayah yang dibagi ke dalam 10 kelompok.

Pengen mengalami kelompok belajar iman yang seru? Yuk ikuti Study Group YOUCAT!

40 Hari Niat Baik (40HNB) dan ADVENTure†

adventure19

Kalau ini program yang bakal nemenin kalian sepanjang masa Prapaskah (40HNB) dan masa Advent (ADVENTure†).

Kayak apa sih programnya?

Beda dengan program-program yang tadi disebutin. Kalau 40HNB dan ADVENTure† itu program yang bisa kalian lakuin sendiri dari rumah, atau bisa juga bersama teman-temanmu. Setiap harinya kalian akan dapet challenge harian yang sesuai dengan bacaan harian sesuai Kalender Liturgi yang dikorelasikan dengan nomor-nomor YOUCAT/DOCAT yang pas sama bacaan harian pada hari itu.

Nah, kalau OMK kalian bingung gimana bikin kegiatan selama Prapaskah atau Advent, bisa banget ikutan program 40HNB dan ADVENTure†. Dijamin deh challenge tiap harinya nggak bakal biarin OMK dan hidupmu jadi sepi.

Yuk nantikan dan ikuti 40HNB dan ADVENTure†!

Program Diseminasi

1September5

Kalau Program Diseminasi ini meliputi berbagai program perkenalan yang dilakukan oleh YOUCAT Indonesia. Bentuk perkenalannya pun macem-macem, ada yang dalam bentuk perkenalan YOUCAT, perkenalan Study Group, mengisi rekoleksi, atau memberi pelajaran iman.

YOUCAT Indonesia sudah diseminasi ke mana aja ya? Sudah banyak banget.

Ke kampus-kampus: Unika Atma Jaya, Unika Widya Karya Malang, Universitas Airlangga, Universitas PGRI Adi Buana, ITS; Ke Paroki: Santa Maria Regina (KAJ), St. Maria Annuntiata Sidoarjo (K. Surabaya), Roh Kudus (K. Surabaya), Kristus Raja (K. Surabaya) Ke sekolah-sekolah: Seminari Menengah Garum, SMA Frateran Surabaya, SMP St. Clara Surabaya.

Pengen tempatmu dikunjungi YOUCAT Indonesia dengan sejuta keseruannya? Yuk langsung aja hubungi kami ya!

GARDA YOUCAT Indonesia

Kalau ini buat kamu-kamu yang pengen ikut terlibat di YOUCAT Indonesia. GARDA (Gerakan Relawan Muda YOUCAT) YOUCAT Indonesia adalah sebuah wadah dari YOUCAT Indonesia untuk kamu-kamu yang mau ikut berjuang mengembangkan konten-konten katekese yang kreatif dan menarik bagi OMK, para pendamping, dan Gereja.

Kamu suka desain? Video? Menulis? Pengen hobimu tadi tersalurkan buat membantu orang muda lainnya makin mengenali iman mereka? Pengen terlibat dalam kegiatannya YOUCAT Indonesia? GARDA YOUCAT Indonesia tempatmu!

Itu dia kegiatan-kegiatan yang dilakuin YOUCAT Indonesia selama 5 tahun ini? Kedengarannya seru banget ya? Makanya nantikan dan ikuti program-program dan kegiatan-kegiatan seru lainnya dari YOUCAT Indonesia yang pastinya nggak cuma seru aja, tapi juga bisa banget buat ngembangin iman kamu biar makin bertumbuh dan nyata dalam hidup harianmu!

Tuhan memberkati.