Reportase Alumni Study Group

29 September 2021
Reportase Alumni Study Group

Halo Sobat Youcat,

Siapa disini yang baru aja wisuda? Dimasa pandemi seperti ini, banyak hal yang beralih ke kegiatan online, terutama hal hal penting yang tidak mungkin dilewatkan seperti wisuda. Sama nih sama Sobat Youcat Study Group kita yang telah menyelesaikan kelas pertama mereka. Kelas pertama studi group ini dilaksanakan selama kurang lebih satu tahun. Ada 10 Study Group yang melalu proses ini, dan mereka semuan sudah melaluinya dengan perjuangan dan kesetiaan sampai akhir. Nah, setelah level 1 ini, akan ada level 2! Dan Puji Tuhan banyak dari antara sobat kita yang mau melanjutkan ke level 2! Yeay!

Tanggal 30 Mei kemarin,yang juga bertepatan dengan Hari Raya Tritunggal yang Maha Kudus. Youcat Indonesia melepas Angkatan pertama Group Study Youcat via Zoom. Pertemuan ini, diawali dengan misa Perutusan alumni. Dipimpin oleh Romo Benny live dari Kapel di Base Camp Youcat Indonesia. Misa ini terlihat special banget karena selain khusus untuk Peserta studi group, Romo Benny Suwito juga menggunakan Kasula Youcat yang keren banget! Dalam misa Romo Benny mengajak kita semua untuk tidak berhenti belajar dan mempelajari iman kita. Dihadiri kurang lebih 50 peserta.

Diilanjutkan dengan ice breaking. Dipimpin oleh Kak Wahyuni dan kak Fanny, ice breaking di zoom meeting nggak kalah seru dengan offline lo! Semua peserta turut berpartisipasi. Ada dua game yang membutuhkan fokus yang tinggi, namun para peserta sangat bersemangat mengikutinya. Dilanjutkan sharing dari perwakilan perserta study group. Dari Adel ( St. Carolus Boromeus) dan Talenta ( St. Carolus Borromeus) mereka sangat merindukan kebersamaan dalam studi group dan juga mendengarkan sharing-sharing yang sangat memberkati mereka. Mereka juga mengaku deg deg an dan merasa tertantang dengan PR yang ada di study group, saat harus menggunakan sosial media mereka untuk mewartakan ajaran Katolik. Wow!

Klip kebersamaan pun diputar, banyak kenangan dalam setahun terakhir terekam disana. Para peserta terdiam sambal menikmati klip dengan backsound lagu Mars Youcat. Dilanjutkan dengan kesan dan pesan dari Kak Ricky , PIC dari study group untuk semua peserta, agar selalu membawa semangat Know-Share-Meet-Express. Selalu sertakan Yesus dalam pertemuan kita, dan mengexpresikan apa yang diajarkan Yesus. Dari Yesus yang dulu kita pelajari dari kitab suci, kita tau dari buku, sekarang kita telah temui dalam group studi Youcat dan saatnya untuk mengexpresikan dalam hidup.

Selanjutnya ada sambutan dari Kak Willem, Koordinator dari Divisi Material Development Youcat Indonesia. Kak Willem menceritakan tentang awal kita memulai study group karena Pandemi, dan harus banting setir untuk memulai pertemuan online. KaK Willem berpesan “ Duc in Altum” atau “masuk lebih dalam lagi”, untuk mengajak Sobat Study Group untuk lanjut ke level 2. Tidak lengkap kalau belum kesan dan pesan dari fasilitator study group. kak Nadia Nicole, dari St. Carolus Boromeus. Merupakan suatu kehormatan melihat Teman-teman bertumbuh, dan berbuah manis. banyak dari teman study group yang awalnya nggak kenal Youcat, menjadi kenal, bahkan jadi pengurus. Dilanjutkan dengan Vio . Yang awalnya jadi peserta tapi sekarang menjadi fasilitator Study Group St. Josemaria Escriva. Awalnya Vio nggak pede dan minder namun akhirnya dia bisa. Ada juga sharing dari Agustina, salah satu peserta study group yang merasa bersyukur untuk bisa jadi anggota Study group karena jadi mengerti belajar katekese itu asik dengan Youcat. Dilanjutkan dengan penerimaan Sertifikat secara Online, nama peserta satu per satu di bacakan oleh Kak Wahyuni.

Pertemuan ditutup dengan wejangan dari Romo Benny. Beliau mengutip dari salah satu Filusuf Jerman tentang etika keutamaan : “ Satu satunya yang membawa orang mengenal Tuhan lebih dalam adalah dengan kerendahan hati” . Pelajaran yang kita lalu ini, membuka hati kita, dengan rendah hati belajar. Dengan kerendahan Hati kita bisa melihat dan mengenal Tuhan Yesus sendiri, untuk kita bisa merangkul banyak orang dan membawa teman-teman anak muda kita juga mencintai Yesus. Romo juga menghimbau untuk teman group study melanjutkan perjalanan group studi ini. Godaan akan semakin banyak, harus terus berjuang dan bangkit Bersama Youcat Indonesia.

Oleh : Nadia Nicole