Reflection: A Reason to be Grateful

#berimanbukanrecehan, #natal, #refleksi,
29 December 2020
Reflection: A Reason to be Grateful

Hai, kawan…

Aku tahu, tahun ini tidaklah mudah. Tahun ini kita bersama-sama menghadapi Covid-19.

Dan saat ini mungkin kamu sudah lelah, sampai kapan ini semua berlalu? Kenapa Tuhan tidak melakukan sesuatu?

Namun aku ingin kamu berhenti sejenak dan melihat yang ada di sekelilingmu. Jika kamu masih bernafas dan sehat, ingatlah bahwa di luar sana banyak orang yang tengah berjuang hanya untuk menarik nafas dengan normal.

Jika kamu masih dapat bekerja meski mendapat pengurangan penghasilan, ingatlah bahwa di luar sana banyak yang telah lama kehilangan pekerjaannya dan bingung bagaimana memberi makan anak dan keluarganya.

Jika kamu masih bisa jalan-jalan dengan memakai masker, ingatlah bahwa banyak orang di luar sana yang ingin beristirahat namun tidak bisa karena tuntutan pekerjaan dan ekonomi.

Bahkan jika kamu masih dapat mengeluh saat ini, bersyukurlah!

Di saat kita semua mengeluh, banyak orang di luar sana yang akan memberikan apa saja untuk berada di posisimu saat ini.

Tidak, aku tidak mengatakan bahwa kamu tidak boleh mengeluh, namun jika hanya itu yang kamu lakukan selama ini, tidakkah itu melelahkan, kawan? Bukankah hanya membawa kerugian untuk jiwamu sendiri?

Marilah kita merenung, apa yang Tuhan ingin kita pelajari dalam situasi saat ini? Dan apa yang dapat kita lakukan? Jangan sampai Covid ini berlalu tanpa kita belajar apapun!

Jika saat ini dunia terkesan begitu gelap, kita dapat memilih menjadi terang, sama seperti Yesus datang ke dunia untuk menjadi terang. Tuhan jelas melakukan sesuatu saat ini, Ia menciptakan kamu dan aku untuk menjadi terang bagi mereka yang menderita!

Berdoalah bagi mereka yang menderita dan bantulah mereka, sekecil apapun itu. Berhentilah mengeluh dan senantiasa mengucap syukur.

Tidak mudah menjadi terang, namun bukankah kamu yang selalu berteriak dengan keras untuk mau menjadi terang dan meminta Ia memakaimu menjadi alatNya? Maka sekaranglah saatnya!

Tidak ada yang membutuhkan terang di tempat yang sudah terang. Dan tidak ada yang dapat menjadi terang hanya dengan mengeluh.

And yes, this year this world has Covid-19, but remember, this world has Christ, too… But, do we seek Him, or only blame Him?