Mengintip Ajaran Sosial Gereja

DOCAT, ASG, martabat manusia, kesejahteraan umum, solidaritas, subsidiaritas, orang miskin, ad extra,
04 April 2020
Mengintip Ajaran Sosial Gereja

Apa sih itu Ajaran Sosial Gereja?

Kita pernah tahu yang namanya Katekismus Gereja Katolik, yang berisi intisari doktrin dan ajaran iman Katolik, tapi bagaimana iman diekspresikan dalam aksi, itu dirangkum dalam satu buku Ajaran Sosial Gereja Katolik!

Ajaran Sosial Gereja Katolik itu tersebar dari beberapa tulisan Bapa-bapa Paus dari dulu sampai sekarang, meliputi beberapa ensiklik dan surat apostolik yang secara umum berbicara dalam tema-tema dasar yaitu:

  1. Hidup dan Martabat Manusia
  2. Kesejahteraan Umum
  3. Solidaritas
  4. Subsidiaritas
  5. Keberpihakan pada orang-orang miskin dan tersingkirkan

Wah dengan begitu, tampaknya Gereja tidak lagi hanya berbicara pada umat Katolik saja, melainkan secara lebih luas, Gereja menyapa dan berdialog dengan semua orang yang berkehendak baik dan yang memiliki kepedulian terhadap kemanusiaan. Ya betul! Kita bisa mengajak semua orang di seluruh dunia untuk berdialog demi membahas aneka persoalan yang terkait dengan kodrat manusia dan identitas kita sebagai warganegara dunia!

Apa gunanya? Menggunakan prinsip-prinsip yang diajarkan Gereja, kita bisa mengetahui lebih jelas bagaimana iman Katolik itu diekspresikan secara nyata dalam pola pikir, sudut pandang, dan prinsip moral dalam tindakan kita dalam keseharian!

Tindakanku ini... betul nggak sih? Masuk akal nggak sih? Apa yang mendasari tindakan-tindakan atau sikap-sikap yang diambil Gereja Katolik terhadap beberapa hal yang aku temui dalam keseharianku? Misal: tentang kemiskinan, ketenagakerjaan, keluarga, partisipasi dalam masyarakat, bahkan tentang prinsip perekonomian dan kenegaraan!

Wah asik banget yah! Coba deh tunggu artikel-artikel berikutnya, atau buat kamu yang tertantang, bisa juga:

  1. baca aja Buku DOCAT
  2. gali lebih dalam tentang Ajaran Sosial Gereja, tanya Mbah Google!
  3. coba WhatsApp Katekis di Paroki kamu, Seksi PSE Paroki atau di Lingkungan-mu dan tanyakan tentang hal ini!