#Meet: Yuk Meet Up Dengan Tuhan Bersama Doanya St. Agustinus!

#meet, #BerimanBukanRecehan, #doa, #santo-santa, #santo, #agustinus, #hutri75, #cityofgod, #civitasdei,
27 August 2020
#Meet: Yuk Meet Up Dengan Tuhan Bersama Doanya St. Agustinus!

Hai-hai sobat YOUCAT!

Beberapa hari belakangan ini kita sudah bahas pandangan Santo Agustinus tentang berbangsa dan bernegara ya. Santo Agustinus menggambarkan Kota Allah dan Kota Manusia yang saling bertolak belakang. Kota Allah yang harmonis, damai, dan tentram di mana Allah yang merajainya. Sedangkan kota manusia ialah kota di mana peperangan, kebencian, dan ketidakadilan terjadi di sana-sini. Selama Kota Allah dan Kota Manusia masih bercampur di dunia ini, kita masih perlu hati-hati dengan “kedamaian” palsu yang ditawarkan oleh Kota Manusia.

Kita sebagai anak-anak Allah tentu diajak untuk menjadi pelopor warganegara Kota Allah. Mulai dari toleransi, pengorbanan, hingga Bhinneka Tunggal Ika bisa menjadi sarana menghadirkan Kota Allah loh. Tapi juga jangan lupa untuk menjadikan Tuhan Yesus dan salibNya sebagai fondasi hidup kita. Ditambah lagi, kita jangan lupa untuk bertekun dalam doa.

Sobat YOUCAT ingat kan apa yang dikatakan Rasul St. Paulus dalam 1 Timotius 2:1-2? Rasul St. Paulus mengajak kita untuk mendoakan para pemimpin negara kita. Tujuannya? Ya supaya Allah semakin meraja dan benar-benar meraja dalam hidup semua orang, jadi “kedamaian” palsu Kota Manusia tidak mengecoh kita dan mereka.

Oh iya, Santo Agustinus punya doa untuk memohon agar Allah meraja dalam hidup kita loh. Judulnya “Demi Rahmat dan Kasih”. Doanya seperti ini:

Demi Rahmat dan Kasih Ya Allah, Hidup sejati kami, di dalamMu dan olehMu segalanya hidup, Engkau menghendaki kami untuk mencariMu, dan Engkau siap untuk ditemukan. Engkau menghendaki kami untuk mengetuk, dan Engkau membukakan pintu ketika kami melakukannya. MengenalMu adalah hidup, MelayaniMu adalah kebebasan, Menikmati adalah surga, MemujiMu adalah sukacita dan kebahagiaan jiwa. Aku memuji, memuliakan, dan mencintaiMu. Aku menyembahMu, mengagungkanMu, dan bersyukur kepadaMu sebab besar kemuliaanMu. Dengan rendah hati aku memohon kepadaMu tinggallah bersamaku, berkuasalah di dalam diriku, jadikanlah hatiku Bait SuciMu rumah yang cocok untuk keagungan IlahiMu. Pencipta dan Pemelihara segala yang ada, yang terlihat dan tak terlihat, Peliharalah karya TanganMu sendiri, umatMu yang percaya hanya pada belas kasihMu demi keselamatan dan perlindungan. Jagalah aku dengan kekuatan rahmatMu, di sini dan di mana pun sekarang, selalu, dan sepanjang segala masa. Amin.

Doa ini begitu indah. Banyak yang bisa kita maknai loh dari doa ini.

Santo Agustinus mau mengajak kita untuk taat pada apa yang Tuhan perintahkan dan percayalah, saat kita melakukan apa yang Tuhan perintahkan, semua tidak akan sia-sia. Santo Agustinus juga percaya kalau kita melakukan kehendakNya dengan tulus ikhlas, percaya deh itu semua akan menjadi kebahagiaan tersendiri dalam hidup kita. Dalam doa ini, Santo Agustinus juga mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang rendah hati dan selalu berpasrah pada kehendak Tuhan. Selalu berlindung pada Sang Raja dan tak lupa untuk bersyukur.

Dalam banget kan maknanya. Makanya, yuk sama-sama doain doa ini! Eh iya, ada quotes nih dari Santo Agustinus, “Berdoalah seolah-oleh semuanya bergantung pada Allah. Bekerjalah seolah-olah segalanya bergantung kepadamu.”

Berkah Dalem!

*) diterjemahkan secara bebas dari: https://acollectionofprayers.com/2018/03/27/for-mercy-and-grace/


Adel