#Know: MERDEKA! Apa Kata St. Agustinus Tentang Kemerdekaan?

#bulanstagustinus, #kemerdekaan, #bernegara, #stagustinus, #docat, #berimanbukanrecehan,
17 August 2020
#Know: MERDEKA! Apa Kata St. Agustinus Tentang Kemerdekaan?

Merdeka!

Hari ini hari yang spesial banget ya Sobat YOUCAT karena kita merayakan 75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tercinta ini. Pastinya kita merasa bersyukur banget nih karena sejak lahir kita sudah menikmati Indonesia yang merdeka. Pengen diajak lebih bersyukur lagi dengan lebih dalam merefleksikan kemerdekaan negara tercinta kita? Yuk bareng-bareng kita ulas bersama St. Agustinus, Pelindung YOUCAT Indonesia.

Kemerdekaan Kita Adalah Anugerah Allah

Negara Indonesia berdiri melalui usaha memerdekakan diri dari penjajah yang memakan waktu sangat panjang. Coba bayangkan betapa beratnya perjuangan para leluhur kita dalam melawan para penjajah, lalu coba bayangkan pula betapa bersyukurnya mereka ketika akhirnya negara kita memproklamasikan kemerdekaannya. Rasanya seperti Allah memberikan hadiah istimewa kepada kita.

Ya, kemerdekaan kita adalah sebuah anugerah dari Allah.

St. Agustinus dalam City of God menulis bahwa kerajaan-kerajaan manusia berdiri karena penyelenggaraan Ilahi. Ada Allah yang bekerja di balik berdirinya sebuah negara, termasuk tentu saja di balik kemerdekaan Indonesia. Jadi, kemerdekaan kita terjadi bukan karena kebetulan, rasi bintang, atau karena tanggal cantik ya, Sobat YOUCAT.

Karya Allah di balik berdirinya sebuah negara bisa kita lihat kisahnya di dalam Kitab Suci, misalnya janji Allah kepada Abraham. Di Kitab Kejadian 12:1-2 kita bisa membaca janji Allah yang akan memberikan sebuah negeri kepada Abraham: “Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.” Abraham pun menanggapinya dan dengan penuh iman berjalan pergi meninggalkan rumahnya bersama Sarai, isterinya, dan Lot, anak saudaranya, pergi menuju tanah yang ditunjukkan oleh Allah. Sesampainya di tanah Kanaan, Allah berfirman: “Aku akan memberikan negeri ini kepada keturunanmu.” (bdk. Kej 12:7).

Karya Allah tidak hanya berhenti sampai di Abraham, namun Allah juga terus menyertai keturunannya. Allah menyertai bangsa Israel untuk keluar dari Mesir dan merebut kembali tanah Kanaan. Ketika bangsa Israel mulai menyimpang dari Allah, Ia memberikan nabi-nabi untuk mengingatkan mereka. Allah pun memberikan mereka raja-raja seperti Daud dan Salomo untuk memimpin mereka.

Dengan iman, kita pun dapat merefleksikan bagaimana Allah bekerja di balik usaha leluhur kita meraih kemerdekaan yang terus kita nikmati hingga di saat kita sekarang ini. Allah memberkati setiap perjuangan leluhur kita agar perlahan-lahan rasa persatuan kita semakin terpupuk hingga kita siap memproklamasikan kemerdekaan kita sebagai satu Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak hanya berhenti di situ saja, Allah pun terus memberkati negara kita dengan memberikan pemimpin-pemimpin bagi kita yang setapak demi setapak terus berjuang membangun negara kita. Begitulah Allah terus bekerja bagi bangsa kita.

Tentang negara dan pemerintahan, tahukah kamu bahwa hal ini juga dibahas dalam DOCAT no 200? Yuk dibuka.

Pembukaan UUD 1945 Alinea III

Leluhur kita juga menyadari betapa luar biasanya anugerah kemerdekaan yang Allah berikan kepada negara kita. Sampai-sampai, para pendiri negara kita menuangkannya dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945:

“Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.“

Kalimat ini merupakan bentuk syukur dan pengakuan bangsa kita bahwa kemerdekaan yang kita peroleh merupakan rahmat Allah.

Lalu, Bagaimana Memaknai dan Menyikapi Rahmat Kemerdekaan Ini? Seperti Allah yang ingin agar bangsa Israel terus menaati hukum-hukumNya dan memuliakan namaNya, Allah pun ingin agar kita mensyukuri kemerdekaan kita dengan selalu menghidupi kebenaran iman kita dan memuliakan namaNya. Tapi gimana ya contoh nyatanya dalam kehidupan bernegara?

Kita bisa mulai dengan memupuk rasa syukur dan cinta kita terhadap bangsa Indonesia yang Allah berikan kepada kita. Syukuri dan hargai kekayaan yang kita miliki sebagai bangsa Indonesia, seperti kekayaan alamnya, keberagaman sukunya, budayanya, ataupun agama yang dianut. Bahkan dari masakan-masakan daerahnya yang khas sudah bisa lho dijadikan alasan buat memupuk rasa syukur kita. Lalu, rasa syukur atas kemerdekaan dapat kita lakukan dengan berusa menjadi warga negara yang baik. Taati hukum yang ada, kasihi orang-orang di lingkungan kita, merawat lingkungan kita bersama, ikut serta dalam pemilu, bekerja dengan sungguh-sungguh, serta mendoakan para pemimpin negara kita.

Masih banyak lagi lho hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mensyukuri dan mencintai negara kita! Kalau Sobat YOUCAT sendiri bagaimana? Apa yang bisa Sobat YOUCAT lakukan untuk mengisi kemerdekaan negara kita ini dengan penuh syukur?

Pembahasan kita nggak akan berhenti sampai di sini saja lho, Sobat YOUCAT! Kita juga akan membahas hal-hal lain seputar kehidupan bernegara dari sudut pandang St. Agustinus. Ikuti terus ya konten-kontennya di website youcat.id dan Instagram @youcatid!


Christian