KATEKESE UNTUK ANAK BERSAMA YOUCAT INDONESIA

#berimanbukanrecahan, #youcatforkids,
21 January 2021
KATEKESE UNTUK ANAK BERSAMA YOUCAT INDONESIA

Halo Sobat YOUCAT! Tanggal 16 Januari 2021 kemarin YOUCAT Indonesia mengadakan webinar yang berjudul “ Katekese untuk anak, gimana caranya?” .

Ada 2 narasumber yang berbicara hari itu, yaitu kak Elizabeth dan Kak Ratna. Kak Elizabeth adalah Dosen Farmasi Unika Widya Mandala Surabaya sekaligus tim pengkaji alih Bahasa YOUCAT untuk anak-anak . Kak Ratna adalah Dirdios KKI Keuskupan Surabaya yang juga aktif dalam mendampingi para Pembina Rekat dan BIAK. Oh iya! Tidak lupa ada Romo Agustinus Eka Winarno selaku Ketua Komisi BIAK keuskupan Surabaya.

Webinar ini dihadiri oleh 150 peserta pendamping BIAK dari seluruh Indonesia. Woowww banyak juga ya! Sesi pertama yang dibawakan kak Elizabeth mengenai “ Apa sih buku YOUCAT untuk anak-anak itu”. Di sesi ini kak Elizabeth menjelaskan tentang sumber-sumber dari buku ini. Ternyata sumbernya tidak sembarangan lho; ada Alkitab, KGK, dokumen-dokumen Gereja, dan juga buku YOUCAT yang lain.

Selain itu kak Elizabeth juga menjelaskan tentang keunggulan dari buku ini: Pertama, ada Bob dan Lily! 2 karakter anak-anak yang akan menemani kita untuk mempelajari iman kita. Anak-anak biasanya lekat dengan karakter agar lebih mudah mengingat sesuatu, maka ada Bob dan Lily yang menemani mereka dalam perjalanan pencarian Iman mereka. Kedua, prosesnya tanya jawab. Anak-anak sering sekali melontarkan banyak pertanyaan, maka akan lebih mudah untuk mencari jawaban dengan format seperti ini. Ketiga, ada aktifitas yang bisa dipilih dan menjadi inspirasi. Tidak hanya materi tapi juga ada pilihan aktifitas untuk anak yang sesuai dengan materi untuk mempermudah anak memahami artinya. Keempat, ada online bonus material! Tinggal mengunjungi website youcat.org kakak-kakak Pembina bisa mendapatkan langsung bonus material berupa aktifitas dan lain lain. Sebenarnya masih banyak lagi keunggulan dari buku ini, seperti index dan sumber-sumber di halaman akhir bukunya.

Di sesi kedua Kak Ratna meneguhkan dengan sesi “Bagaimana berkatekese seru dengan Buku YOUCAT untuk anak-anak”. Nah disini kak Ratna lebih membahas tentang praktek di lapangan. Masalah-masalah yang biasa Pembina hadapi, apa saja tantangannya, dan juga bagaimana buku YOUCAT untuk anak-anak ini bisa lebih meringankan dan membantu proses pembelajaran. Kak Ratna berpesan kepada kakak-kakak Pembina untuk selalu upgrade dan melek teknologi, agar tidak ketinggalan dengan generasi anak-anak jaman now. Salah satunya dengan memiliki Buku YOUCAT untuk anak-anak sebagai salah satu sumber mengajar. Lalu ditutup dengan peneguhan dari Romo Agustinus Eka Winarno.

Nah. Pasti makin penasaran kan? Kalau penasaran sama webinarnya, YOUCAT akan mengadakan beberapa webinar lagi, tongkrongin terus Instagram YOUCAT untuk info selengkapnya, dan buat kalian yang penasaran sama bukunya, Sudah tersedia di Kantor YOUCAT Indonesia lho, bahkan ada promo menarik bulan ini. Jadi silahkan hubungi kami untuk info selanjutnya ya..