Berjuang dan Berdoa dalam Pekerjaan Bersama St. Yosef

#berimanbukanrecehan, #st.yosef,
28 January 2021
Berjuang dan Berdoa dalam Pekerjaan Bersama St. Yosef

Halo Sobat YOUCAT!

Bagaimana kabarnya?

Menghadapi dunia kerja tentunya tidak mudah. Ada saja lika-liku yang harus dihadapi. Buat kamu yang sudah bekerja atau sedang mencari pekerjaan, tentu memahaminya bukan?!

Mulai dari susahnya mencari pekerjaan, susahnya mendapatkan pekerjaan: ada yang pas sama keinginan, tapi malah tidak diterima; lalu lingkungan kerja yang kadang kurang kondusif, persaingan di tempat kerja, bahkan hingga pengalaman kehilangan pekerjaan. Belum lagi situasi pandemi saat ini yang membuat segalanya menjadi tidak menentu.

Apakah kamu juga sedang berjuang dalam hidup kerjamu?

Yuk kita belajar dari St. Yosef, sang bapa keluarga teladan, pencari nafkah bagi Keluarga Kudus Nazaret!

Berjuang dalam Pekerjaan Bersama Yosef

Kita tentunya tahu bahwa Yosef bekerja sebagai tukang kayu. Tapi, pernahkah kita membayangkan perjuangannya setiap hari dalam pekerjaannya agar ia dapat menafkahi keluarganya? Atau, dalam pengalamannya yang lebih ekstrim, betapa kerasnya ia harus berjuang dan bekerja ketika ia beserta Bunda Maria dan Yesus harus mengungsi ke Mesir?

Dalam pengungsiannya ke Mesir, kita bisa membayangkan Yosef harus meninggalkan tempat kerja lamanya dan pergi ke tempat yang benar-benar asing baginya. Apalagi, ia harus menafkahi seluruh keluarganya. Bagaimana seorang Yosef mampu bertahan?

Bapa Paus Fransiskus dalam Patris Corde art. 5 menyebut Yosef sebagai “bapak yang berani secara kreatif”. Adanya keberanian yang kreatif di dalam diri Yosef membuatnya mampu mengubah kesulitan menjadi kesempatan.

Tiada rotan akar pun jadi, sob!

Ini bisa jadi merupakan undangan bagi kita yang saat ini harus meninggalkan pekerjaan kita, yang masih mencari pekerjaan, ataupun yang sedang ada masalah dalam pekerjaannya.

Ingat, kamu tidak sendiri! Ada St. Yosef yang menemanimu!

Tapi ia tidak hanya menemani saja, dia juga mendorongmu untuk berani dan kreatif melihat masalah yang kamu hadapi lewat teladannya. Bayangkan, mungkin ketika berada di Mesir, St. Yosef tidak langsung mendapat pekerjaan sebagai tukang kayu tapi ia harus secara kreatif mencari pekerjaan lain yang bisa ia kerjakan. Sekalinya bisa menjadi tukang kayu, ia juga harus secara kreatif menyesuaikan gaya mebel buatannya dengan yang biasa digunakan di Mesir, atau bahkan ia mungkin menciptakan trend gaya mebel baru! Kamu juga harus berani dan kreatif menghadapi masalah yang kamu miliki.

Menariknya, bisa jadi keberanian dan kreativitas yang muncul ketika kita menghadapi kesulitan malah menjadi jalan Allah untuk mewujudkan rencana-Nya dalam hidup kita. Yang perlu kita lakukan adalah tetap percaya dan penuh pengharapan kepada Allah serta berjuang dengan keberanian yang kreatif dalam setiap kesulitan yang kita hadapi.

“Bila kadang Allah tampaknya tidak menolong kita, ini tidak berarti bahwa Dia telah meninggalkan kita, tetapi bahwa Dia mempercayai kita, akan apa yang bisa kita rancang, ciptakan, dan temukan.” (Patris Corde art. 5)

Memaknai Pekerjaan Bersama Yosef

Bagi yang tengah bosan dengan pekerjaannya, bagi yang sedang mencari makna akan pekerjaan, Yosef juga mau setia menemani.

Kita sudah belajar sebelumnya bahwa keberanian dan kreativitas kita bisa menjadi jalan Allah untuk mewujudkan rencana-Nya.

Begitu juga dalam pekerjaan kita, sob!

Pekerjaan kita bisa jadi merupakan cara Allah untuk menunjukkan keselamatan, tidak hanya bagimu, tapi juga bagi orang-orang di sekitarmu.

Lewat pekerjaanmu, kamu menjadi pribadi yang berguna bagi orang lain. Tidak peduli pekerjaanmu itu keren atau remeh, gajinya besar atau kecil, tapi pasti bisa menyumbangkan manfaat bagi masyarakat.

Bayangkan, seorang tukang sapu jalan yang kerap kita anggap remeh, kalau dia tidak ada, siapa yang akan menyapu jalan sehingga jalan yang kita lewati setiap hari menjadi bersih?

Bapa Yosef yang tukang kayu pun dapat menafkahi Bunda Maria dan Yesus.

Begitu juga dengan pekerjaanmu.

Kamu jadi pribadi yang berguna bagi sesama melalui pekerjaanmu.

Lewat pekerjaanmu, kamu juga bisa mengembangkan dirimu. Mungkin tidak akan langsung terasa tapi situasi sulit dalam pekerjaan justru dapat menempamu menjadi pribadi yang semakin baik dan kuat.

Misalnya, jam masuk dan pulang kantor yang terjadwal melatihmu untuk hidup disiplin, atau deadline tugas yang ketat juga dapat melatihmu untuk berpikir secara cepat.

Bayangkan Yosef yang tukang kayu pasti perhitungannya menjadi begitu cermat dan presisi.

Kalau lingkungan kerja kita tidak mendukung tapi kita harus bertahan gimana?

Kembali ke poin keberanian yang kreatif, sob. Lewat kesulitan-kesulitan di tempat kerja kita, kita sebenarnya punya banyak kesempatan untuk belajar. Semakin jeli dan kreatif kita dalam melihatnya, semakin kita dapat berkembang, tidak hanya bagi diri kita tapi juga bagi teman-teman sekantor dan kantor kita juga.

Apapun pekerjaanmu, apapun yang kesulitan yang kamu alami dalam pekerjaanmu, kamu berguna dan berharga di mata Allah.

“Pribadi yang bekerja, apa pun pekerjaanya, bekerjasama dengan Allah sendiri,

menjadi pencipta-pencipta kecil dunia di sekeliling kita.”

(Patris Corde art. 6)

Yuk Berdoa Bersama St. Yosef Buat Kita Para Pekerja dan Pencari Kerja!

Sudah cukup disegarkan semangatnya dengan tulisan di atas?

Yuk kita buat semakin segar dan menyala semangat kita untuk bekerja dengan doa kepada St. Yosef. Ada doa sebelum bekerja dan doa untuk mencari pekerjaan juga lho.

Doa Sebelum Bekerja kepada St. Yosef

St Yosef, dengan tangan dan keringatmu, engkau mendukung Yesus dan Maria, dan menjadikan Putra Allah sebagai rekan kerjamu.

Ajarilah aku untuk bekerja seperti yang engkau lakukan, dengan kesabaran dan ketekunan, untuk Tuhan dan bagi mereka yang mendukungku.

Ajarilah aku untuk melihat bahwa Kristus ada di dalam rekan-rekan kerjaku agar aku senantiasa berbagi kasih dan bersabar terhadap semua.

Berilah aku rahmat agar bisa memandang pekerjaan dengan iman, sehingga aku menyadari bahwa melalui pekerjaanku aku menjadi bagian dalam pekerjaan Allah sendiri dan dalam karya penebusan Kristus.

Saat pekerjaanku menyenangkan dan produktif, ingatkan lah aku agar senantiasa bersyukur kepada-Mu, ya Allah. Dan saat pekerjaanku berat, ajarilah aku untuk mempersembahkan semua itu kepada-Mu, sebagai ganti dosa-dosaku dan dosa-dosa dunia.

Amin.

Doa Memohon Pekerjaan kepada St. Yosef

Ya St. Yosef, engkau sendiri bertanggung jawab dalam menyediakan kebutuhan hidup bagi Yesus dan Bunda Maria.

Seperti yang engkau tahu saat ini aku dalam kebingungan dengan segala ketidakmampuanku untuk memenuhi kebutuhan keluargaku.

Mohon berdoalah bagiku kepada Yesus, Putra yang kau asuh di Nazaret dan kau nafkahi dengan pekerjaan dan kasih, agar aku segera menemukan pekerjaan, sehingga beban keperihatinan akan keluarga terangkat dari hatiku. Dan dengan segera menyediakan kebutuhan bagi keluarga, sebab Tuhan telah memberikan kepercayaan kepadaku untuk membina dan memenuhi kebutuhan keluarga.

Bantulah aku ya Bapa St. Yosef, dengan berkat dan doamu untuk senantiasa hidup dalam kesetiaan dan kesabaran. Demi Kristus, Tuhan, dan pengantara kami.

Amin

SUMBER: https://katolikpedia.id/doa-katolik-sebelum-bekerja/ https://hatikudus-yesus.blogspot.com/2018/07/mukjizat-doa-bersama-santo-yosef.html

Ricky Adityanto Anggota Divisi Material Development dan Formatio YOUCAT Indonesia