40 Hari Niat Baik

#berimanbukanrecehan, #40hariniatbaik,
10 February 2021
40 Hari Niat Baik

Halo Sobat YOUCAT!

Tau nggak sih tentang Kalender 40 Hari Niat Baik (40HNB) dari YOUCAT Indonesia? program ini dikembangkan YOUCAT Indonesia sejak 2016 lo! 40HNB selalu dilaksanakan pada Masa Prapaskah. Tujuan dari program ini ialah untuk menemani sobat muda dalam perjalanan di masa Prapaskah, khususnya bagi sobat yang sulit menemukan pola pantang dan/atau puasa. Durasi 40HNB dimulai dari Rabu Abu hingga Sabtu Suci atau Vigili Paskah dan berisi aktivitas harian yang pastinya bisa dilaksanakan oleh sobat!

Kalender “40 Hari Niat Baik” berisi aktivitas harian sederhana, jelas, konkrit, dan positif, yang berakar dari refleksi Kitab Suci dan tradisi Gereja, dan dikembangkan untuk menjadi bagian dari proses persiapan diri orang muda menyongsong Paskah

Program 40HNB ini tercetuskan secara tidak sengaja pada awalnya. Situasinya terjadi pada beberapa waktu menjelang dimulainya Masa Prapaskah 2016. Pada waktu itu YOUCAT Indonesia baru berusia beberapa bulan setelah secara resmi mulai berdiri pada 8 September 2015. Sebagai sebuah gerakan baru, tentu YOUCAT Indonesia ingin membagikan hal-hal yang menyegarkan Gereja dan orang muda. 

Nah, jelang Masa Prapaskah itulah terjadi diskusi antara Willem L. Turpijn, pegiat YOUCAT Indonesia di Keuskupan Agung Jakarta dan Julius Yustian Surjadi, konsultan desain grafis YOUCAT Foundation dan juga mantan Pengurus Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Jakarta dan KWI diskusi terjadi jelang subuh di sebuah gerai makanan cepat saji 24 jam di bilangan Sudirman, Jakarta, terpikirkanlah membuat sebuah kalender aktivitas yang berisi tantangan harian bagi orang muda.

Ide ini terinspirasi dari banyak cerita dari teman-teman sesama orang muda bahwa ketika Masa Prapaskah mereka kadang menghadapi kebingungan untuk memilih bentuk pantang. Kebingungan itu terjadi salah satunya karena kebosanan dengan bentuk pantang yang biasa, misalnya: pantang daging, pantang jajan, pantang garam, merasa ingin diberikan tantangan pantang yang berbeda.

YOUCAT Indonesia selalu berupaya melakukan inovasi dalam Kalender “40 Hari Niat Baik” setiap tahunnya. Pada awalnya, aktivitas yang dirancang sebagai challenge harian adalah aktivitas yang terpikir begitu saja oleh Tim YOUCAT Indonesia yang dirasa akan seru untuk dilakukan. Tetapi, perlahan-lahan, hal itu disempurnakan lebih baik dari tahun ke tahun

Tertarik untuk melaksanakan “40 Hari Niat Baik” bersama YOUCAT Indonesia?

Caranya mudah kok

(1) CLICK!

Klik tautan: http://bit.ly/youcatid40 untuk mendapatkan Kalender “40 Hari Niat Baik”. Kalender ini bisa diperbanyak dan dicetak secara mandiri, atau diteruskan kepada siapapun dengan format soft copy.

(2)   DO!

Lakukan setiap Aksi Niat Baik dalam “40 Hari Niat Baik” sesuai tanggal pada kalender yang sudah disusun. Untuk memudahkan dalam mengingat setiap Aksi Niat Baik dalam “40 Hari Niat Baik”, tempelkan Kalender “40 Hari Niat Baik” pada lokasi yang memudahkan untuk dilihat.

(3)   SHARE!

Paus Fransiskus mengatakan, “evangelisasi terbaik untuk orang muda adalah orang muda lainnya!” Kita pun bisa jadi pewarta juga lho! Caranya gimana? Setiap kali kamu melakukan Aksi Niat Baik dalam “40 Hari Niat Baik” sesuai tanggal pada kalender yang sudah disusun, unggah atau upload fotomu melalui akun media sosialmu dan jangan lupa untuk tag dan mention @youcatid dengan hashtags #40hariniatbaik #berimanbukanrecehan dan ajak teman-teman lainnya untuk melakukan hal yang sama di hari itu!